Semoga Blog ini bermanfaat bagi Dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya bagi SD Negeri Cijember sendiri.meskipun SD Negeri Cijember tergolong SD yang berada di daerah terpencil, akan tetapi tidak patah semangat untuk eksis mengikuti perkembangan zaman, khususnya dalam dunia Cyber.

Di blog ini kami berusaha untuk menyediakan segala kebutuhan Pendidikan sebatas kemampuan kami dalam dunia pendidikan.

Wednesday, October 26, 2011

Perelek Pendidikan

Perelek Pendidikan, merupakan bagian dari gerakan membangun partisipasi masyarakat dalam bidang pendidikan yang di kenal denga “Gempar Pendidikan”. Hal ini merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah tingkat pusat , daerah, masyarakat sampai keluarga sebagai tempat asal peserta didik. Sehingga jika program ini dilaksanakan secara serempak, penuh kesadaran dari semua pihak, maka tidak akan diragukan lagi, tujuan utama digulirkannya program ini yaitu untuk memadukan kekuatan yang dimiliki pemerintah dengan potensi yang dimiliki masyarakat dan dunia usaha dalam membangun pendidikan akan dapat dicapai.

Jika dilihat dari lingkungan tempat pelaksanaanya, maka perelek pendidikan di laksanakan di tempat lingkungan yang meliputi lingkungan sekolah, masyarakat, instansi pemerintah dan kalangan dunia usaha. Keempat lingkungan tersebut secara langsung maupun tidak langsung dituntut untuk memilki rasa solidaritas, kepedulian serta berpartisipasi untuk memajukan dunia pendidikan.
Khusus di dunia pendidikan karena penulis berkecimpung di lingkungan tersebut, bentuk kegiatan dari perelek pendidikan dapat dilaksanakan dalam bentuk beragam. Diantaranya adalah dengan mengadakan semacam kencleng yang dapat dilaksanakan oleh peserta didik untuk mengumpulkan dana dari setiap kelas yang dikelola oleh siswa.
Penulis pun berharap, program perelek pendidikan tidak merupakan program sesaat, tetapi bukti nyata dan tidak melupakan aspek evaluasi untuk penyempurnaan dan pencapaian tujuan.
Menghapus paradigma di masyarakat bahwa sekolah gratis itu bukan berarti tidak ada biaya sepeser pun yang dikeluarkan orang tua untuk pendidikan anaknya. Menghapus kebiasaan ingin diberi dan tidak mau memberi di kalangan masyarakat. Serta perelek pendidikan dapat menjadi sumber dana alternative ketika bantuan siswa miskin yang ada di sekolah.
Terakhir penulis berharap, perelek pendidikan yang diluncurkan Bupati Cianjur dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pelaksanaan dan pengambilan kebijakan pendidikan di Kabupaten Cianjur. Hingga Cianjur yang lebih cerdas, sehat, sejahtera, dan berakhlaqul kharimah, segera terwujud…..

0 comments:

Template by : Ves't Dize sdncijember.blogspot.com